P E N D A N AAN Indonesia Tak Bisa Bebas dari Utang

Kompas, 20 Mei 2009 P E N D A N AAN Indonesia Tak Bisa Bebas dari Utang JAKARTA, KOMPAS — Indonesia tidak bisa bebas dari utang. Kebutuha...

Kompas, 20 Mei 2009

P E N D A N AAN
Indonesia Tak Bisa Bebas dari Utang

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia tidak bisa bebas dari utang. Kebutuhan terhadap utang tidak bisa dihilangkan hingga ke level nol. Semua negara membutuhkan utang untuk membiayai pembangunannya.

Demikian disampaikan Boediono, calon wakil presiden yang mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Kompas, Jakarta, Selasa( 1 9/ 5 ) .

Menurut Boediono, yang bisa dilakukan pemerintah adalah memastikan bahwa penggunaan setiap sen dollar AS yang berasal dari utang untuk sektor-sektor produktif.
”Posisi saya selalu sama, jangan alergi pada utang karena utang itu bagian dari proses kehidupan ekonomi modern,”kata Boediono.

Oleh karena itu, lanjutnya, Indonesia butuh rambu-rambu yang jelas dalam pengelolaan utang. ”Namun, itu bukan berarti kita harus menurunkan utang hingga nol,” tutur mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Boediono menegaskan, yang terpenting dalam pengelolaan utang adalah tidak membiarkan jumlahnya melebihi kemampuan pemerintah untuk membayar.

Utang yang diambil sebaiknya berasal dari sumber yang berisiko rendah. Selain itu, risiko utang dalam negeri lebih rendah dibandingkan dengan utang luar negeri.

”Dan, gunakan setiap sen dana utang secara produktif pada dua hal. Pertama, meningkatkan kapasitas ekonomi nasional, terutama infrastruktur. Kedua, meningkatkan kualitas manusia. Jika keduanya bisa dijadikan sasaran penggunaan utang, tidak ada masalah,” tuturnya.

Kepala Divisi Advokasi dan Jaringan International NGO Forum on Indonesian Development Wahyu Susilo juga mengakui, sulit bagi Indonesia melepaskan diri dari utang. ”Posisi, beban utang, serta persyaratan pinjaman yang mengikat Indonesia tidak bisa dilepaskan tanpa upaya politik radikal,” kata Wahyu.

Maksimalkan diplomasi

Guna mendapatkan pengurangan utang, baik bilateral maupun multilateral, menurut Wahyu, Indonesia bisa memaksimalkan diplomasi, yakni dengan memperbanyak pertukaran utang pada proyek-proyek yang produktif, antara lain pada pengembangan lingkungan dan pencapaian tujuan pembangunan milenium (MDG’s).

Selain itu, Indonesia juga bisa bernegosiasi membatalkan utang yang digunakan untuk tujuan merusak kemanusiaan, misalnya pinjaman pembiayaan kapal perang asal Jerman.

”Indonesia sebaiknya mendorong skema pembiayaan pembangunan bukan utang, tetapi pembiayaan untuk memenuhi kewajiban dari negara-negara maju.

Syaratnya, segera lakukan audit utang untuk mengidentifikasi jenis utang yang dipertukarkan atau dihapus. Ekuador melakukan itu,” tutur Wahyu.

Data Departemen Keuangan menunjukkan, total utang pemerintah hingga 31 Januari 2009 mencapai Rp 1.667 triliun, terdiri atas utang luar negeri Rp 746 triliun dan pinjaman dalam negeri berupa surat berharga negara senilai Rp 920 triliun.

Periode Januari-April 2009, pemerintah telah menarik pinjaman proyek baru Rp 6,7 triliun,meningkat dibandingkan dengan periode yang sama 2008, yakni Rp 2,5 triliun. Adapun realisasi pinjaman program Rp 3,2 triliun,pada periode yang sama 2008 hanya Rp 2 triliun. (OIN/FAJ)

Posting Komentar

  1. Hello, everyone
    My name is Josephine jumawan caballo, i live in orion bataan, phillipine. I would like to thank good mother karina roland for helping me got a good loan after I experienced fake online borrowing loans that tricked me to get money without giving a loan, I have needed a loan for 2 years ago to start my own business in the city of orion bataan where I lived and I fell into the hands of a fake company in dubai that deceived me and did not offer me a loan. and I was very Frustrasted because I lost all my money to a fake company in dubai, because I owed my bank and my friends and I had nothing to run, on that very faithful day my friend called susan Ramirez after reading her testimony about how he got a loan from Mrs. karina roland, so I was forced to contact Susan Ramirez and she told me and convinced me to contact Mrs. karina roland that she was a good mother and I was forced to put courage and I contacted Mrs. karina roland and I were surprised by my loan that was processed and passed and within 6 hours my loan was transferred to my account and I was very surprised that this was a miracle and I had to give information about the good work of Mrs. karina roland so I advise everyone who needs a loan to contact e-mail Mrs. karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) and I guarantee you that you will give information as I have done and you can also contact me for further information about Mrs.karina Roland my email: (josephinejumawancaballo@gmail.com) may God continue to bless and love karina roland' mother to change my financial life.

    BalasHapus
  2. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland untuk membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ny. karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari ibu karina roland jadi saya menasihati semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Bu karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawan caballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  3. Saya menandai webster dengan nama saya adalah seorang polisi dan saya tinggal di kentucky tenggara di A.S.A, Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang menipu saya atas uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali ketika saya sedang tidak bertugas. Saya memutuskan untuk mencari lagi saat ini untuk sebuah perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah jumlah $ 6,000,000.00 saya melamar dari perusahaan ini dan mereka mengatakan kepada saya semua yang perlu dilakukan saya percaya mereka dan saya melakukan apa mereka mengatakan kepada saya untuk melakukan dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat dalam waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerima pinjaman saya belum dan saya katakan Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa akun saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan yang saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa akun saya karena terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya, uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya bijih adalah $ 1.000.000,00 dan saya sekarang menemukan $ 7.000.000,00 pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7.000.000,00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan waktu kecil saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk diterapkan dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui surat markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com, hal terbaik.

    BalasHapus
  4. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan-perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721- 592 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item