Ribuan Buruh PT Panarub Dwikarya Datangi Kantor Representatif Adidas di Jakarta

Kamis, 19 Juli 2012// ribuan buruh PT Panarub Dwikarya yang sejak Kamis, 12 Juli 2012 lalu melakukan aksi mogok hari ini mendatangi Ka...


Kamis, 19 Juli 2012// ribuan buruh PT Panarub Dwikarya yang sejak Kamis, 12 Juli 2012 lalu melakukan aksi mogok hari ini mendatangi Kantor Representatif Adidas di Jalan Sudirman Jakarta, pukul 12.00 wib para buruh yang  berangkat dari Kota Tangerang ini sampai di depan Kantor Plasa CIMB  Jalan Sudirman Jakarta dimana Representatif Adidas berkantor.

Massa aksi yang datang menggunakan berbagai kendaraan bus dan kendaraan roda dua ini langsung mengelar aksi dengan orasi-orasi menyampaikan apa yang menjadi tuntutan para buruh  didepan gedung tersebut, tidak berapa lama perwakilan buruh diterima dan masuk untuk menyampaikan apa yang menjadi tuntutan para buruh kepada perwakilan Adidas di Indonesia.

Adidas adalah salah satu merk atau brand yang diproduksi di PT Panarub Dwikarya, tetapi hingga hari ini belum terlihat keterlibatan Adidas dalam memastikan PT Panarub Dwikarya agar melaksanakan hak-hak buruh untuk itulah kami datang kekantor Representatif Adidas di Jakarta jelas ketua umum SBGTS PT Panarub Dwikarya Kokom Komalawati.

Setelah kurang lebih 1 jam perwakilan para buruh yang masuk menyampaikan apa yang menjadi tuntutan para buruh perwakilan buruh tersebut keluar dan menyampaikan beberapa hasil atas perundingan dengan Representatif Adidas di Indonesia yang ditandatangai oleh Harry Nurmansyah selaku representative Adidas di Indonesia dengan perwakilan serikat buruh SBGTS PT Panarub Dwikarya, adapun kesepakatan tersebut adalah:
  1. Adidas mendengar semua laopran dan keluhan karyawan PT Panarub Dwikarya Benoa mengenai tuntutan karyawan;
  2. Adidas akan segera meminta managemen PT Panarub Dwikarya besok untuk segera membuka kembali proses negosiasi dengan pihak serikat dan karyawan;
  3. Adidas akan meminta PT Panarub Dwikarya untuk menyelesaikan tuntutan yang sifatnya normatif;
  4. Pihak serikat dan karyawan juga akan membuka atau mengikuti proses negosiasi nerikutnya dengan pihak managemen, pihak karyawan meminta pertemuan itu dilaksanakan selambat-lambatnya besok 20 Juli 2012.
Sementara itu mempelajari dan membaca hasil perundingan antara perwakilan buruh dan serikat buruh dengan kantor repesentatif Adidas di Jakarta tersebut Ismett Inoni Kepala Departemen Hukum dan Advokasi GSBI menilai bahwa hasil perundingan tersebut masih sangat umum dan terkesan Adidas hanya menyampaikan akan meminta pihak perusahaan untuk melaksanakan apa yang menjadi hak buruh, ini jelas menimbulkan kesan bahwa Adidas belum menunjukkan komitmen yang kuat untuk memastikan agar rantai produksi dimana Adidas di produksi salah satunya adalah di PT Panarub Group menjalankan hak-hak buruh.

Untuk itu Adidas harus memastikan bahwa PT Panarub Dwikarya secara sungguh-sungguh menjalankan proses perundingan, bukan hanya menyampaikan sikapnya dan bukan meminta agar serikat dan buruh untuk berunding karena sesungguhnya sebelum terjadi pemogokan dan selama pemogokan sejak 12 Juli 2012 lalu, buruh dan serikat buruh terus menghendaki perundingan lanjut Ismett.

Selanjutnya Adidas juga bertanggungjawab bahwa dalam rantai produksi merk Adidas tidak menggunakan cara-cara kekerasan dalam menghadapi pemogokan para buruh sebagaimana dilakukan oleh perusahaan PT Panarub Dwikarya, untuk itu seharusnya sudah sebelum pemogokan Adidas mendesak PT Panarub Dwikarya untuk tidak mengunakan cara-cara premanisme dalam menghadapi tuntutan dan pemogokan para buruh.

Namun demikian Ismett menyampaikan harapannya agar Adidas dapat memastikan apa yang menjadi komitmennya sebagaimana tertuang dalam penuntut prilaku kerja atau kode etik Adidas dapat dilaksanakan dengan baik apalagi Adidas adalah salah satu sponsor terbesar dalam olimpiade di London tahun ini.###   

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item