Sambut Mayday, GSBI Karawang Gelar aksi di Pemda dan UPTD Disnakertrans Wilayah II Jawa Barat

Foto: GSBI Karawang Berkonfoi (19/4/2018) INFO GSBI-Karawang , Kamis (19/04/18). GSBI Kabupaten Karawang gelar aksi pra MayDay 201...



Foto: GSBI Karawang Berkonfoi (19/4/2018)
INFO GSBI-Karawang, Kamis (19/04/18). GSBI Kabupaten Karawang gelar aksi pra MayDay 2018 di Pemda dan UPTD Disnakertrans Wilayah II Propinsi Jawa Barat. Aksi ini dimulai dari titik kumpul massa aksi yaitu di kecamatan Purwasari, dimana massa aksi kompoi dengan menggunakan sepeda motor dan juga mobil komando soundsystem menuju sasaran aksi.

Massa aksi terus meneriakkan yel-yel maupun tuntutan sepanjang perjalanan aksi hingga sampai di depan pintu gerbang kantor Bupati Kabupaten Karawang. 

Sesampai di depan kantor Bupati Kabupaten Karawang massa aksi GSBI langsung menggelar dan membuka aksi dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan orasi bergantian.

Orasi dalam aksi ini disampaikan oleh perwakilan peserta aksi baik dari PT. Beesco Indonesia maupun PT. Shinwon Ebenezer dan buruh lainnya. 

Dalam orasinya para perwakilan buruh mendesak pemerintah kabupaten Karawang bersungguh-sungguh dan serius menangani persoalan yang di alami buruh di lingkungan kerja wilayah Karawang sebagaimana terjadi di PT. Shinwon Ebenezer hingga PT. Beecso Indonesia seperti penangguhan upah dan pemberangusan serikat di PT. Shinwon Ebenezer dan PHK.

"Hampir 4 (empat) bulan kami buruh di PT. Shinwon Ebenezer di PHK sepihak oleh perusahaan dan sejak saat itu pula upah kami tidak dibayarkan, bahkan PHK sepihak tersebut dilakukan perusahaan melalui jasa pengiriman JNE kepada kami". Demikian disampaikan Dini salah satu buruh dalam orasinya.

Selain itu dalam orasinya Diki Iskandar Koordinator KPC GSBI Karawang menyoroti lambannya penanganan yang dilakukan pemerintah dalam merespon persoalan yang di hadapi para buruh. Hal ini sebagaimana terjadi pada beberapa kasus seperti di PT. Beesco Indonesia terang Diki. 

Sementara Ismet Inoni Kepala Departemen Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Gabungan Serikat Buruh Indonesia (DPP GSBI) yang juga turut hadir di daulat juga untuk menyampaikan orasi politik.

Dalam orasinya Ismet mendesak pemerintah Kabupaten Karawang untuk tidak main-main dan mempermainkan nasib para buruh di wilayah Karawang. Karena fakta dilapangan banyak sekali perusahaan di wilayah Karawang melakukan pelanggaran baik upah bahkan tindak kejahatan berupa pemberangusan serikat buruh (union busting), lanjut Ismet.

Disamping itu juga Ismet menyampaikan salut dan hormat atas sikap konsisten dan gagah berani anggota GSBI Kabupaten Karawang yang hari ini melakukan aksi dalam rangka peringatan Mayday.

Setelah selesai aksi di pemda massa aksi melanjutkan aksinya di kantor UPTD Disnakertrans Wilayah II Propinsi Jawa Barat dimana perwakilan buruh langsung diterima oleh bapak Jamhur Kepala UPTD Disnakertrans Wilayah II Propinsi Jawa Barat.

Dalam audensi ini Kepala UPTD Disnakertrans Wilayah II Propinsi Jawa Barat berjanji akan memanggil perusahaan PT. Shinwon Ebenezer, PT. Beesco Indonesia dalam waktu dekat setidaknya awal pekan di bulan Mei mendatang, termasuk pengawasan terhadap PT. Sungintex (Sioen Indonesia) Kota Bekasi karena pengawas wilayah kota Bekasi sedang tidak ditempat karena ada tugas lainnya.

Setelah selesai audensi massa aksi membubarkan diri dengan kompoi meninggalkan kantor UPTD Disnakertrans Wilayah II Propinsi Jawa Barat. ## (di/april2018)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item