Ini Hasil Pertemuan Buruh PT. Sulindafin Kota Tangerang dengan DJSN

INFO GSBI-Jakarta. Rabu, 19 Februari 2020 bertempat di ruang pertemuan Kemenko PMK di Jl. Medan Merdeka Barat No. 3, Jakarta Pusat, di...


INFO GSBI-Jakarta. Rabu, 19 Februari 2020 bertempat di ruang pertemuan Kemenko PMK di Jl. Medan Merdeka Barat No. 3, Jakarta Pusat, dilaksanakan pertemuan membahas persoalan penonaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan buruh PT Sulindafin-Kota Tangerang-Banten. Pertemuan ini diinisiasi atau atas undangan Dewan Jaminan Sosial Nasional ( DJSN ) yang pada bulan Januari 2020 mendapat pengaduan dari buruh dan Pimpinan SBGTS-GSBI dan SBM PT Sulindafin.
Pertemuan di pimpinan langsung oleh dua anggota DJSN yaitu Subiyanto, SH dan Ir. Untung Riyadi, SE. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan buruh dan pimpinan SBGTS-GSBI dan SBM PT. Sulindafin Kota Tangerang, DPP GSBI, BPJS Kesehatan Pusat, BPJS Kesehatan Cabang Cikokol, BPJS Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Disnaker Kota Tangerang, Pengawasan Provinsi Banten dan  Kemenaker RI.

Pihak perusahaan PT. Sulindafin tidak hadir, dan hanya menyampaikan surat yang di bacakan oleh Pimpinan Rapat Subiyanto, SH dari DJSN yang isinya bahwa ;”perusahaan sudah berkoordinasi dengan pihak pengawasan, kasus ini sedang menunggu anjuran dan meminta semua pihak agar menghargai, menghormati proses yang sedang berjalan dan menyampaikan bahwa kasus ini tidak bisa diselesaikan secara parsial”. 

Pertemuan di buka oleh Subiyanto, SH dari DJSN yang sekaligus sebagai pimpinan rapat yang dimulai denganmemperkenalkan siapa saja yang hadir sebagai peserta rapat, memaparkan duduk permasalahan , dilanjutkan dengan pemaparan dari pelapor dalam hal ini SBGTS-GSBI dan SBM PT. Sulindafin Kota Tangerang dan DPP GSBI, dilanjutkan dengan penjelasan dan klarifikasi dari berbagai instansi yang diminta oleh DJSN terakhir adalah kesimpulan rapat.


Dan, Berikut ini adalah kesimpulan atau hasil dari pertemuan dengan DJSN : 

1. Bahwa berdasarkan keterangan pelaporan yang didapat dari BPJS Kesehatan terdapat 1.152 PPU yang dinonaktifkand dari Edabu dari BPJS Kesehatan, dan dari BPJS Ketenagakerjaan  terdapat 1.077 dinonaktifkan dari SIPP BPJS Ketenagakerjaan.

2. Diduga telah terjadi kecurangan ( Fraud ) oleh badan usaha PT Sulindafin Tangerang :
a. Laporan upah dalam iuran JKN-KIS sebagai contoh pekerja atas nama Prasetyo bagian utility  jabatan section head 005/113/leverl 1 dengan potongan iuran BPJS Kesehatan (1%)  Rp. 40.100  dan iuran BPJS Ketenagakerjaan  (1%) Rp. 57.416 terdapat selisih antara iuran JKN-KIS dan iuran JP Rp. 17. 316,-.
b. Menonaktifkan 1.077 pekerja dari Edabu dengan alas an diluar ketentuan yang tertuang dalam aplikasi System Edabu BPJS Kesehatan, tidak ada rekomendasi dari instansi terkait ( Disnaker Kota Tangerang ) hanya berdasarkan surat dari PT Sulindafin.

3. Bahwa BPJS kesehatan telah melakukan pemeriksaan dan melakukan evaluasi terhadap tindakan PT Sulindafin dalam menonaktifkan PPU dari Edabu dan telah menerbitkan surat teguran tertulis -1 (satu ) pada tanggal 28 January 2020 dan telah menerbitkan Surat Teguran tertulis ke-2 pada tanggal 11 February 2020. Dengan isi surat meminta kepada PT Sulidanfin untuk  medaftarkan diri dan seluruh pekerja dan membayarkan  iuran sebesar 5%  dari upah. Dan juga ditemukan 75 orang PPU yang tidak didaftarkan dalam program JKN-KIS.

4. Bahwa diduga telah terjadi kecurangan ( Fraud ) oleh badan usaha PT Sulindafin dalam program Jamsosnaker BPJS Ketenakerjaan, dengan menonaktifkan 1.077 tenaga kerja berdasarkan surat direksi PT Sulindafin, tidak ada rekomendasi dari instansi terkait ( Disnaker Kota Tangerang).

5. Bahwa pegawai Pengawasan  Provinsi Banten telah melakukan pemeriksaan dan mengeluarkan nota pemeriksaan No. RS60/2814-DTKT/BINWAS/XII.2019 tertagal 20 Desember 2019 dengan isi ;
a. Kewajiban perusahaan untuk melaporkan tenaga kerja sesuai dengan ketentuan
b. Kewajiban perusahaan untuk membayar sesuai kewajibannya sebesar 4 % dan kewajiban pekerja untuk membayar sesuai kewajibannya sebesar 1 %.

6. Bahwa pengawasan Disnaker provinsi Banten  tidak dapat membuat nota pemeriksaan atas dugaan kecurangan yang terjadi dalam sengeketa atas PHK  yang sedang berselisih, dikarenakan tidak ada peraturan pelaksana atas untuk menindaklanjuti permasalahan Jamsosnaker khususnya JKK, JHM, JKT dan JP.

7. Bahwa DJSN menghimbau kepada BPJS Kesehatan  untuk melakukan pengawsan dan pemeriksaan  serta menindaklanjuti kepada proses hukum terhadap fraud sebagaimana pada point 2 (dua ) diatas prioritas terhadap 277 orang  PPU.

8. Bahwa DJSN menghimbau kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pengawasan dan pemerikasaan serta menindaklanjuti kepada proses hokum terhadap fraud sebagaimana pada point 4 (empat ) diatas, prioritas terhadap 277 orang PPU.

9. Bahwa DJSN menghimbau kepada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagekerjaan untuk memperbaiki system aplikasi kepesertaan terutama yang berhubungan dengan penonaktifan peserta terutama secara sepihak dan massal oleh badan usaha ( Pemberi Kerja ) terhadap PPU untuk kepastian hokum dan perlindungan social dalam proses hubungan industrial.

10. Bahwa sesuai peran dan fungsi DJSN untuk melakukan upaya agar 277 PPU dari PT Sulindafin dapat diaktifkan kembali dalam program JKN-KIS dan Jamsosnaker sesuai perundang yang berlaku.


PT. Sulindafin -Shinta Group, Kota Tangerang beroperasi produksi kembali

PT Sulindafin –Shinta Group sejak tanggal 28 Nopember 2019 secara sepihak melalui Pengumuman Direksimenyatakan menghentikan proses produsksi untuk jangka waktu yang tidak di tentukan. Dan atas putusan perusahaan tersebut perusahaan menawarkan untuk buruh menerima kompensasi (uang pesangon) sebesar 70% dari 1 kali ketentuan pasal 156 UUK Nomor 13 tahun 2003. Namun faktanya untuk bagian Gudang, Accunting, Security (Satpam) tetap operasional normal bekerja dan beberapa buruh yang sudah di PHK menerima kompensasi 70 % tetap bekerja menjaga mesin, merawat dan memanaskan mesin setiap hari.

Atas putusan tersebut, secara sepihak pula tanpa mengikuti prosedur yang ada sejak 30 Nopember 2019 manajemen PT Sulindafin menghentikan kepesertaan BPJS Kesehatan untuk seluruh buruh PT Sulindafin-Kota Tangerang, termasuk untuk ratusan buruh yang bertahan (ditenda perjuangan, yang tergabung dalam SBGTS-GSBI dan SBM) yang menolak di PHK dan kompensasi 70% tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan. Dampak nya sangat patal- banyak buruh di tolak rumah sakit ketika mau berobat dan dalam catatan SBGTS-GSBI PT Sulindafin sudah ada 2 orang buruh dan 2 orang anggota keluarga buruh meninggal dunia, beberapa orang harus cuci darah, kemoteraphy dllnya.

PT. Sulindafin Kota Tangerang kondisinya saat ini, sejak tanggal 20 Januari 2020 sudah kembali beroperasi dan berproduksi. Berdasarkan data wajib lapor ketenagakerjaan yang di sampaikan Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Banten di pertemuan dengan DJSN per 4 Pebuari 2020 sudah ada 325 orang buruh yang bekerja, sedangkan menurut data Pimpinan SBGTS-GSBI saat ini (19 Pebuari 2020) diperkirakan sudah ada sekitar 500-an buruh yang sudah bekerja dengan status buruh kontrak, dan kesemuanya yang bekerja itu adalah buruh-buruh PT Sulindafin yang sebelumnya di PHK dan menerima kompensasi 70 %.

Berdasarkan pengamatan juga pada Senin 17 Pebnuari 2020 lalu PT. Sulindafin menerima buruh baru dengan status buruh magang. [kkm-rd2-20]#

x

Posting Komentar

  1. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com

    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman saya semudah mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp **** + 447723553516

    BalasHapus
  2. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  3. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  4. Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  5. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item