Di Depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Buruh Bakar Salinan Kontrak

BANDUNG -- Meski Hari Buruh sudah berakhir, para buruh kemarin masih menyatroni Gedung Sate, Bandung. Mereka menggelar aksi pembakaran spand...

BANDUNG -- Meski Hari Buruh sudah berakhir, para buruh kemarin masih menyatroni Gedung Sate, Bandung. Mereka menggelar aksi pembakaran spanduk berisi salinan kontrak politik pasangan Gubernur Ahmad Heryawan dan wakilnya, Dede Yusuf, dengan sejumlah serikat pekerja dalam kampanye pemilihan gubernur setahun yang lalu. "Pembakaran ini adalah tanda penarikan dukungan kami kepada Gubernur dan partai pengusungnya, " kata Ristadi, Ketua Aliansi Serikat Pekerja Jawa Barat, kemarin.

Ristadi menyebutkan, aksi itu sebenarnya tak lain adalah upaya buruh menagih janji buruh kepada pasangan tersebut, yang sudah setahun ini terpilih memimpin Jawa Barat. Mereka yang berunjuk rasa di antaranya Serikat Pekerja Nasional, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, dan Serikat Pekerja Metal Indonesia.

Penarikan dukungan itu dilakukan setelah mereka gagal bertemu Gubernur Heryawan atau pun wakilnya, Dede Jusuf. Mereka hanya ditemui Kepala Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat Mustopha Djamaluddin dan sejumlah kepala dinas tenaga kerja se Bandung-raya.

Dalam pertemuan kemarin, para perwakilan pemerintah tak diberi kesempatan berbicara. Para buruh beralasan, kontrak politik itu merupakan janji Gubernur, bukan Kepala Dinas. "Ini adalah janji Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf," kata Ristandi sebelum balik kanan.

Ristadi, yang mengaku sempat menjadi tim sukses pasangan tersebut dalam pemilihan gubernur, mengaku kecewa jagonya tak lagi mengindahkan akad kontrak politik yang diteken pada 23 Maret 2008 itu. Menurut Ristadi, delapan janji Heryawan dan Dede kepada buruh belum satu pun direalisasi.

Kopi kontrak dan delapan janji berikut tanda tangan Heryawan dan Dede serta para buruh dicetak besar-besar. Isinya, penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya di Jawa Barat. Salinan paling besar yang dicetak di atas kain kemarin dibakar para buruh. AHMAD FIKRI

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item