Perjuangkan Kondisi Kerja dan Kesejahteraan Buruh PT. Longvin Indonesia deklarasikan SBME-GSBI di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia

Jakarta, 05 Juli 2012// PT. Longvin Indonesia yang berlokasi di Desa Bojongkokos, Parungkuda, Sukabumi, adalah perusahaan yang bergerak ...


Jakarta, 05 Juli 2012// PT. Longvin Indonesia yang berlokasi di Desa Bojongkokos, Parungkuda, Sukabumi, adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik dengan produk hands Free (Ear Phone) untuk handphone (mobile) dengan pemesan (buyer) utamanya Samsung Mobile. Perusahaan milik pengusaha asal Korea Selatan ini sudah memulai produksinya di Sukabumi sejak tahun 2005 lalu, dengan mempekerjakan buruh tidak kurang dari 5000 buruh yang mayoritasnya adalah perempuan.

Meski sebagai perusahaan berskala besar dengan omset produksi yang terus meningkat serta rata-rata pendidikan buruh yang bekerja di perusahaan ini setingkat SMA ke atas, akan tetapi kondisi kerja dan syarat-syarat kerja yang dipraktekan di perusahaan ini sangat tidak profesional. Sejak awal perusahaan ini menerapan sistem kerja kontrak tanpa ada peningkatan (pengangkatan) status dari kontrak menjadi tetap. Sehingga tidak heran, banyak buruh yang sudah bekerja dari sejak perusahaan ini berdiri hingga sekarang masih bekerja dengan status kontrak.  Dengan kondisi kerja di atas serta kesadaran untuk merubah sendiri nasib dan kondisi kerja di dalam perusahaan, sekitar 25 orang buruh bersepakat untuk membentuk dan mendeklarasikan serikat buruh di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia.

keinginan untuk membentuk serikat buruh ini pun direalisasikan pada Kamis, 05 Juli 2012, pukul 21.00 wib, dengan melaksanakan rapat umum pembentukan dan deklarasikan serikat buruh. Rapat umum pembentukan serikat buruh yang dipimpin oleh Hikmat Inaayatullah selaku ketua merangkap anggota dan Andrie Hamdani selalu sekretaris merangkap anggota, memutuskan  serikat buruh yang dibentuk bernama Serikat Buruh Metal dan Elektronik yang disingkat SBME, serta bergabung dan berafilial dengan Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI). Dan proses pemilihan susunan pimpinan PTP.SBME-GSBI PT. Longvin Indonesia, yang dilakukan secara demokratis memutuskan Usep Suryaman sebagai Ketua Umum dan Hikmat Inaayatullah sebagai Sekretaris Umum PTP. SBME-GSBI PT. Longvin Indonesia untuk periode 2012-2015.

Ketua umum (Usep Suryaman) dan Sekretaris Umum (Hikmat Inaayatullah) terpilih, dalam sambutannya menyampaikan, “tidak ada kata terlambat untuk melakukan suatu perjuangan, oleh karena itu tujuan kita membentuk serikat buruh karena kita ingin memperjuangkan kondisi kerja yang lebih baik dan menegakkan hak-hak kita selama ini diabaikan oleh  perusahaan..”

Usai pembentukan serikat buruh dan pemilihan susunan pimpinan SBME-GSBI PT. Longvin Indonesia serta disepakatinya prinsip-prinsip dalam AD/ART PTP.SBME-GSBI PT. Longvin Indonesia. Emelia Yanti Sekretaris Jenderal DPP.GSBI yang menghadiri undangan rapat umum pembentukan dan deklarasi PTP. SBME-GSBI PT. Longvin Indonesia, menyampaikan dalam sambutannya, “bahwa pembentukan dan kehadiran PTP. SBME-GSBI di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia, bukan semata-mata untuk memperjuangkan hak-hak normatif yang selama ini dilanggar dan diabaikan oleh perusahaan, tapi lebih dari itu kehadiran SBME-GSBI di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia adalah sebagai alat untuk memperjuangkan kesejahteraan bagi kaum buruh dan keluarganya, selama ini perusahaan sudah mengambil banyak keuntungan dari tenaga buruh sementara buruh yang telah turut serta menyumbang untuk kemajuan perusahaan tidak mengalami peningkatan kondisi kerja yang lebih baik. Oleh karena itu keputusan untuk membentuk serikat buruh adalah pilihan dan tindakan yang tepat karena hanya melalui serikat buruh-lah buruh dapat memperjuangkan hak-hak dan kepentingannya serta kesejahteraan bagi seluruh buruh dan keluarganya”.

Dengan pembentukan dan deklarasi serta bergabungnya PTP.SBME-GSBI di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia dengan GSBI, ini merupakan Serikat Buruh anggota GSBI yang keempat di Kabupaten Sukabumi. Atas nama DPP.GSBI mengucapkan selamat atas terbentuknya PTP.SBME-GSBI di lingkungan kerja PT. Longvin Indonesia dan selamat bergabung dalam perjuangan GSBI lanjut Yanti. (EYM/Juli 2012)

Posting Komentar

  1. kreeeennn ....
    smangatt ....
    a\maju terus cahyo00ooo ....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item