Jokowi Kembali Tebar Janji Kepada Buruh

Merespon gelombang aksi massa kaum buruh  pada peringatan hari HAM 10 Desember 2014 yang mendatangi Istana Presiden dan mengecam Jokowi y...

Merespon gelombang aksi massa kaum buruh  pada peringatan hari HAM 10 Desember 2014 yang mendatangi Istana Presiden dan mengecam Jokowi yang telah mengeluarkan kebijakan anti buruh (rakyat), salah satunya penaikan harga BBM dan tetap mempertahankan politik upah murah dan perampasan upah, Jokowi kembali menebar janji-janji manis bagi kaum buruh melalui Ketua Umum KSPSI Andi Gani Nenawea.

Sebagaimana ditulis oleh kantor berita CNN Indonesia, Presiden Joko Widodo memantau demonstrasi buruh di ibu kota meski sedang melawat ke luar negeri. Ia bahkan menelepon Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nenawea yang sedang berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/12).

Andi mengabarkan hal tersebut kepada rekan-rekannya. “Kawan sekalian, ini adalah sejarah perjuangan buruh Indonesia. Saya baru saja dapat telepon dari Jokowi di Korea Selatan. Buruh akan dilibatkan dalam penyusunan APBN 2015,” kata Andi berseru di tengah keramaian massa demonstran.

Dilibatkannya buruh dalam penyusunan APBN 2015 oleh Jokowi, menurut Andi, adalah hasil kerja keras 49 konfederasi buruh yang hari ini turun ke jalan untuk menuntut kenaikan Upah Minimum Pekerja sampai 30 persen.

Andi mengatakan, Jokowi akan bertemu langsung dengan beberapa presiden konfederasi buruh sepulangnya dari Korea Selatan.

Jokowi juga berjanji akan mengunjungi lokasi kerja buruh di Tangerang dan sekitarnya. "Di sana nanti Jokowi akan meminta kami membentuk Tim Ekonomi supaya tahu kebutuhan buruh,” kata Andi disela demonstrasi.

Dalam perbincangan singkat dengan Andi, Jokowi juga berjanji akan meluncurkan beberapa program baru untuk kesejahteraan buruh. “Jokowi bilang akan ada perumahan dan transportasi buruh,” kata dia.

Andi Gani Nenawea (KSPSI) dan beberapa Serikat Pekerja/Serikat Buruh adalah pendukung Jokowi sejak Pilkada Jakarta 2012 sampai Pemilu Presiden 2014. (agk)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item