Masalah Tenaga Kerja Asing Tiongkok (Bagian 2)

Ilustrasi ekspansi modal Tiongkok terutama di Afrika/University of Pennsylvania Masalah Tenaga Kerja Asing Tiongkok (Bagian 2) Kaum revision...

Ilustrasi ekspansi modal Tiongkok terutama di Afrika/University of Pennsylvania

Masalah Tenaga Kerja Asing Tiongkok (Bagian 2)
Kaum revisionis pendukung Tiongkok imperialis ingin menyembunyikan watak hakiki modal. Seolah-olah modal Tiongkok lebih baik daripada modal kaum kapitalis AS. Padahal modal tak kenal bangsa dan warna kulit. Buktinya kaum kapitalis kulit hitam Afsel tak ragu menghisap kaum buruh berkulit hitam juga


INFO GSBI – Alasan ketiga mengapa beberapa negara Asia, Afrika dan Amerika Latin menerima pinjaman dengan syarat-syarat berat itu karena Tiongkok merupakan satu-satunya peminjam sekaligus dengan paket pembangunan proyek. Mitos pembangunan megaproyek infrastruktur dan pertambangan sebagai jalan kemajuan negeri terbelakang masih kental dianut para elite penguasa kapitalisme birokat di berbagai negeri. Pinjaman Tiongkok dianggap lebih menguntungkan karena tidak disertai program penyesuaian struktural atau ikatan politik lain yang dijadikan syarat pinjaman IMF atau Bank Dunia.

Kaum kapitalis Tiongkok tidak saja tak peduli masalah hak asasi manusia (HAM) negeri penerima pinjaman. Mereka juga tak peduli masalah lingkungan, kondisi kerja, upah dan kehidupan buruh lokal. Kalau Tiongkok betul-betul sebuah negara sosialis dan menjunjung nilai-nilai moral sosialis, tentu kesejahteraan buruh lokalnya akan diperhatikan. Namun ini tak terjadi, karena korporasi Tiongkok tak berbeda dengan korporasi kapitalis Barat dalam hal mencari keuntungan sebesar mungkin.

Kaum revisionis pendukung Tiongkok imperialis ingin menyembunyikan watak hakiki modal dan berusaha menjajakan pepesan kosong seolah-olah modal Tiongkok lebih baik daripada modal kaum kapitalis AS atau Jepang atau negeri industri Eropa lainnya. Padahal modal tak kenal bangsa dan warna kulit. Kaum kapitalis kulit hitam di Afrika Selatan tak ragu-ragu menggunakan modalnya untuk merampas nilai lebih yang dihasilkan kaum buruh berkulit hitam juga.

Semakin besarnya investasi dan gelombang serbuan TKA Tiongkok ke berbagai negeri Asia, Afrika dan Amerika Latin membuktikan Tiongkoklah yang perlu bantuan.

Dalam sidang pembukaan tahunan Kongres Rakyat Nasional, akhir Mei 2020, Perdana Menteri (PM) Li Keqiang mengungkapkan masalah yang dihadapi Tiongkok sekarang, yaitu konsumsi internal, investasi dan ekspor menurun dan pengangguran meningkat tinggi. Pengangguran yang sebelum Covid-19 sudah meningkat karena penutupan banyak pabrik sebagai akibat melambatnya ekonomi dunia sejak krisis ekonomi dan finansial 2008, sekarang lebih meningkat lagi dan merupakan masalah yang paling dikhawatirkan para penguasa rezim. Tidak disebutnya target PDB dapat diartikan sebagai jalan untuk menyembunyikan kegagalan.

Bahaya dan dampak investasi modal yang disertai arus pekerja dan pebisnis Tiongkok di berbagai negeri Asia, Afrika dan Amerika Latin tak kurang serius dan tak kurang jahatnya.

Pertama, dampak lingkungan. Di bagian pertama, sudah disinggung pembangunan waduk Mytsone di Myanmar akan menghilangkan sejumlah jenis ikan yang bermigrasi dan menghilangkan sisa hutan lebat penyimpan aneka ragam hayati yang kaya. Di Sudan selatan, korporasi minyak nasional Tiongkok yang merupakan investor terbesar di ladang-ladang minyak, telah menimbulkan pencemaran tak terkendali yang mengakibatkan anak-anak lahir dengan membawa cacat, peracunan di peternakan, pencemaran sungai-sungai dan kerusakan tanah subur.

Tak terkecuali negeri-negeri Amerika Latin. Ekspor dari Amerika Latin ke Tiongkok terpusat di sektor pertanian dan sumber tambang seperti minyak dan gas. Laporan penelitian di 8 negeri Amerika Latin, mengungkapkan penggunaan air untuk ekspor ke Tiongkok dua kali lipat besarnya dibanding dengan ekspor global lainnya. Menurut studi di 2012, 80% deforestasi yang terjadi di Argentina, Paraguay, Bolivia dan Brasil berkaitan erat dengan ekspor di bidang pertanian.

Beberapa peneliti Brasil mengemukakan bahwa investasi Tiongkok merupakan motor penting penggundulan hutan Amazon. Hutan menjadi terbuka bagi serangan manusia dan itu mempengaruhi gerak fauna buas. Pembangunan jalan besar, kanal dan jalan kereta api yang dibiayai modal Tiongkok ditujukan untuk transportasi hasil tambang dan pertanian ke pelabuhan. Permintaan kacang kedelai Tiongkok mengakibatkan hilangnya vegetasi savana Cerrado di Mato Grosso. Cerrado merupakan salah satu ekosistem yang paling terancam di Brasil.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pertambangan, apalagi pertambangan terbuka, menimbulkan pencemaran lingkungan, penyakit dan dislokasi sosial. Di samping itu, korporasi Tiongkok sering terlibat dalam rasisme terhadap buruh lokal, kondisi kerja buruk, tak adanya jaminan keselamatan kerja.

Kedua, TKA Tiongkok merebut lapangan pekerjaan buruh lokal. Tulisan Akol Nyok Akol Dok dan Bradley A. Thayer pada Juli 2019 berjudul China Is Not In Africa For Charity, But To Control Its Resources mengungkapkan “Tiongkok di Afrika bukan untuk menyebarkan Maoisme, melainkan untuk mengontrol rakyat, sumber alam dan potensinya”. Di bawah pimpinan Mao, dukungan Tiongkok kepada gerakan pembebasan Afrika adalah untuk menyebarkan Maoisme dan melawan pengaruh Soviet dan AS. Sekarang Tiongkok sendiri sudah menjadi kekuatan imperialis. Korporasi Tiongkok membawa sopir, buruh pembangunan dan staf pendukungnya sendiri, berarti menghilangkan kesempatan pekerjaan bagi buruh lokal.

Menurut penelitian Adisu pada 2010, buruh Afrika tidak mendapat keuntungan dari investasi Tiongkok. Di Zambia, protes-protes besar di pertambangan batu bara dan tembaga telah memaksa Presiden Michael Sata minta kepada Tiongkok untuk memperbaiki kondisi kerja dan membatasi jumlah TKA yang masuk.

Presiden Tanzania, yang baru-baru ini membatalkan pinjaman Tiongkok sebesar US$ 10 miliar bertanya, mengapa Tiongkok harus membawa insinyur, sopir, operator eskavator, operator pabrik sendiri. Padahal Tanzania punya insinyur dan buruh yang dapat memenuhi tugas-tugas tersebut, dan ribuan yang menganggur. Ia menegaskan prinsip mandiri dalam ekonomi, kewajiban pemerintah memberdayakan rakyat dan melindungi buruhnya dari persaingan yang tak setara. Ia menambahkan bahwa ini bukan karena ia menentang investor. Yang ia inginkan adalah kerja sama yang tidak menghancurkan kapasitas lokal.

Penggunaan mesin, truk, perlengkapan teknik dan dapur, rokok, sampai minyak goreng, tenaga kerja, semuanya dari Tiongkok, telah melahirkan daerah kantong eksklusif. Orang-orang Tiongkok bahkan punya lahan sayur-mayur untuk mereka sendiri. Koloni-koloni seperti itu sudah tersebar luas di berbagai negeri.

Tiongkok melalui pejabat resminya, para komprador dan antek-antek lokalnya, berusaha membela diri. Pada 3 Juni 2020, detik.com memberitakan pernyataan Wang Liping, counselor Kedubes Tiongkok di Indonesia. Ia mengungkapkan gaji buruh Indonesia sekitar 10% dari gaji TKA. Ia bicara tentang pekerja terampil yang “terpaksa” didatangkan karena daerah sekitar proyek tak mampu menyediakan buruh terampil.

Pertanyaannya adalah apakah betul semua TKA Tiongkok merupakan buruh terampil. Saya lihat banyak video yang berkaitan dengan mereka, baik yang masuk secara legal maupun ilegal. “Tampang” dan “gerak-gerik” buruh-buruh itu sama sekali tidak mengesankan “buruh terampil”. Dan kesan ini dikonfirmasi oleh banyak kesaksian yang membuktikan mayoritas TKA adalah buruh kasar. Kesaksian lain, seperti mantan buruh di pertambangan Morowali (ILC, 1 Mei 2018) yang cerita tentang kesulitan penduduk mendapat pekerjaan di situ, penyembunyian TKA ketika ada sidak, PHK terhadap buruh lokal ketika TKA selesai mempelajari tugas yang harus dikerjakan, jumlah TKA yang jauh lebih besar dari yang diakui secara resmi, telah membuktikan adanya kongkalikong berbagai pihak yang sangat berkepentingan untuk menyembunyikan fakta penyerbuan buruh kasar Tiongkok yang merebut pekerjaan buruh Indonesia.

Wang Liping mengakui TKA kerja di pertambangan, listrik, manufaktur, taman industri, pertanian, ekonomi digital, asuransi dan keuangan. Betapa luas bidang yang dimasuki TKA Tiongkok! Wang tidak bicara tentang kejahatan cyber yang juga dimasuki TKA Tiongkok. Jakarta, Surabaya dan Bali dijadikan sarang operasinya.

Di Afrika, bidang kejahatan juga ditekuni TKA Tiongkok. Kesenangan orang kaya Tiongkok untuk memiliki atau makan organ tertentu dari binatang langka membuat perburuan dan penyelundupannya menjadi bisnis yang menguntungkan. Pada Februari 2019, pentolan penyelundup gading yang dijuluki “Ivory Queen” di Tanzania dijatuhi hukuman 15 tahun.

Ketiga, pinjaman yang mengharuskan penggunaan input Tiongkok akan membangun ketergantungan negeri penerima pinjaman kepada teknologi Tiongkok. Dan ini sesuai dengan ambisi imperialis Tiongkok untuk mencapai dominasi dan hegemoni global dalam teknologi dan ilmu.

Saya jadi ingat pengalaman negatif Kuba yang masuk dalam Council for Economic Assistance (COMECON) pimpinan Uni Soviet yang telah membuat Kuba tergantung, termasuk dalam teknologi. Begitu Soviet dan kubu “sosialis” bubar, ekonomi Kuba tergoncang, mesin-mesin pabrik gula dan industri lainnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan suku cadang. Tiongkok sosialis Mao tidak pernah mau jadi anggota COMECON.

Koloni Tiongkok di Laos
Boten adalah sebuah kota kecil di Laos utara yang berbatasan dengan Tiongkok. Walau ia termasuk wilayah Laos, namun mayoritas penduduknya berbahasa tionghoa. Mengapa? Ternyata, sebagai bagian dari zona ekonomi khusus, Laos menyewakan Boten, kira-kira 1.640 hektare kepada sebuah korporasi pembangunan Tiongkok selama 99 tahun.

Ketika zona khusus ekonomi itu dibangun, kaum tani dipindahkan ke tempat lain. Mereka kehilangan tanah garapannya. Sekitar 70% dari mereka akhirnya bekerja sebagai pelayan, tukang sapu, penjaga atau buruh di berbagai proyek pembangunan Tiongkok.

Pada 2003, sebuah kasino resort dibangun dan dikenal dengan nama Golden City. Hotel dan perumahan muncul bagai jamur di musim hujan. Para pebisnis Tiongkok yang tak berdaya menghadapi persaingan keras dan tajam di negerinya sendiri, berbondong-bondong membuka usaha untuk mengumpulkan kembali modal. Orang Tiongkok mendapat ruang dan kesempatan untuk memulai mata pencaharian yang tak mereka dapatkan di tanah airnya sendiri. Turis Tiongkok berduyun-duyun datang. Boten menjadi koloni Tiongkok. Nama jalan dalam bahasa tionghoa. Hukum yang berlaku juga hukum Tiongkok. Jumlah penduduk meningkat terutama karena aliran penduduk Tiongkok. Tak heranlah kalau bahasa ibu “penduduk” Boten adalah bahasa Tionghoa.

Perjudian dilarang di Tiongkok, tapi diizinkan di Boten. Sumber kejahatan, prostitusi dan kebobrokan moral lainnya dialihkan ke negeri tetangga. Orang-orang kaya membanjiri Golden City untuk mengadu nasib dan berfoya-foya. Tak ayal lagi, candu, pelacuran, pembunuhan, penculikan dan jaringan kejahatan berkembang pesat. Begitu gawatnya, sehingga pada 2011, pemerintah Tiongkok terpaksa menutup kasino. Boten menjadi kota hantu.

Pada 2016, Boten dihidupkan kembali oleh berbagai megaproyek, yang terpenting adalah kereta api cepat dari Kunming lewat Boten dan sampai Vientiane. Kembali pebisnis Tiongkok menjalankan toko-toko, restoran, hotel, berbagai jasa pelayanan, kabaret dengan penari transeksual dari Thailand menghibur ribuan turis. Mereka gembira dan bahagia, tapi bagaimana penduduk desa Laos?

Sungguh sedih melihat mereka tersingkir di negerinya sendiri. Semua pekerjaan adalah mulia, tapi menyakitkan melihat tukang sapu, buruh, pelayan Laos dinilai oleh bos Tiongkoknya sebagai orang yang lambat kerjanya, harus diajari bagaimana seharusnya bekerja. Ditertawakan karena tidak bisa bahasa Mandarin. Bayangkan, di negeri sendiri, tapi harus belajar bahasa Mandarin untuk dapat pekerjaan di perusahaan Tiongkok. Di mana kedaulatan rakyat Laos?

Afrika
Adakah koloni Tiongkok di Afrika, di mana penduduk lokalnya menerima perlakuan rasis dan diskriminasi, ekonomi lokalnya melesu dan terancam bangkrut karena tidak bisa bersaing dengan pedagang Tiongkok yang menjual produk murah yang tak menemukan pasar di negerinya sendiri?

Sebuah restoran tionghoa di Nairobi, Kenya, melarang penduduk lokal masuk bar setelah jam 19:00 PM. Di Lusaka, Zambia, suami, orang lokal, tidak diizinkan masuk sebuah restoran tionghoa; istrinya boleh, karena dia orang Tiongkok.

Program “Witness” di Aljazeera, September 2010, menunjukkan ratusan ribu orang Tiongkok masuk Afrika, antara lain Dakar, Senegal, membangun segala macam bisnis. Satu orang datang dulu, kemudian istri, orang tua, mertua, dan beranak pinak di negeri orang. Toko-toko tionghoa mendominasi jalan-jalan; pasar sayur-mayur tak terlindungi dari jamahan pedagang tionghoa. Klub-klub eksklusif merebak. Mereka mengakui mencari uang di Dakar lebih mudah daripada di tanah airnya sendiri.

Asosiasi Pedagang Senegal berusaha membendung gelombang pebisnis Tiongkok. Tanpa bantuan dan perlindungan pemerintah, mereka tak berdaya.

Tak terbantahkan, sumber malapetaka ada di pemerintah yang menjual martabat bangsa dan kedaulatan rakyat guna menjilat pantat penjajah kolonial baru, Tiongkok imperialis! [Tatiana Lukman]

Posting Komentar

  1. SALAM SEJAHTERA UKTUK ANDA SEMUA

    Pesugihan togel atau bocoran togel dunia KI AGENG SUKMO

    Di internet dan di surat kabar,dan media masa,banyak sekali iklan mengenai pesugihan,paranormal yang mengaku bisa membantu semua problem anda.akan tetapi semua hanya modus penipuan belaka. banyak orang yang sudah susah,hutang mnumpuk dan datang ke dukun atu paranormal tetapi hanya diberi janji manis belaka.

    Izinkan kami membantu anda semua dengan dengan angka ghoib hasil ritual, Dengan bantuan supranatural bisa menhasilkan angka ghoib hasil ritual yang sangat mengagumkan, Bisa menerawang angka yang akan keluar untuk, Toto malaysia, Magnum 4D, Singapura, Hongkong, Sydnay, Korea, Macau, Laos, Brunai, Thailand dll.

    Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar. dengan Jaminan 100% gol / Tembus!

    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan Sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami.

    Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal. Tembus.Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang!


    Apakah anda termasuk yang tercantum di bawah ini?

    1. Di Lilit Hutang

    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel

    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel

    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat

    Jangan putus asa anda sudah beradah di blog KI AGENG SUKMO

    Ingat!!! Kesempatan tidak akan datang ke-2 kalinya!!!


    Anda ingin menjadi pemenang berikutnya?

    Silahkan hubungi KI AGENG SUKMO di: 0823 3891 2632

    KI AGENG SUKMO akan memberikan angka ghoib hasil ritual, 2D, 3D, 4D, Toto Malaysia 4D, 5D, 6D, Magnum 4D, Singapura, Hongkong, Sydnay, Korea, Macau, Laos, Brunai, Thailand dll. Dengan jaminan 100% tembus.

    SYARAT PESUGIHAN TOGEL KI AGENG SUKMO


    - Umur minimal 17 tahun (tanpa kecuali)

    - Mempunyai rekening Bank.

    - Mempunyai hutang atau problem

    - Menyiapkan mahar,mahar tergantung angka yang di iginkan

    - Proses ritual 1-2 hari



    PROSES PESUGIHAN

    - Bayar biaya ritual

    - Kami mulai ritual pengajuan pesugihan

    - Menunggu diterima atau tidaknya pengajuan

    - Pencairan uang akan langsung ditransfer ke rekening pemohon.

    Adapun Besar Biayanya tergantung Paket Yang Anda minta :

    PAKET 2D : Rp 500,000

    PAKET 3D : Rp 1,000,000

    PAKET 4D : Rp 1,500,000

    PAKET 6D : Rp 2,000,000

    Apabila anda berminat dan ingin ikhtiar bersama kami. silahkan anda daftar terlebih dahulu agar kami bisa atur jadwal ritual anda.


    CARA DAFTAR MENJADI MEMBAR ATAU KOSULTASI

    Ketik : Nama#

    Alamat#

    Umur#

    Weton (hari dan pasaran)

    Kirim Ke : 082338912632


    CATATAN : Hanya melayani yang betul-betul dan sangat membutuhkan bantuan kami, gagal maka biaya kami kembalikan utuh tanpa potongan apapun.

    BalasHapus
  2. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    E-mel Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  4. Hai semua

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma kewangan kerana saya ditipu dan ditipu oleh banyak syarikat pinjaman dalam talian dan saya fikir bahawa tidak ada yang baik yang dapat keluar dari transaksi dalam talian tetapi semua keraguan saya segera ditenangkan dan hilang ketika rakan saya mula-mula memperkenalkan saya kepada syarikat ALL GLOBAL PEMBERIAN PINJAMAN, saya fikir ia masih akan menjadi permainan penipu yang sama, tetapi rakan saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya terpaksa memaksa diri untuk mengikuti semua proses, yang paling mengejutkan setelah memenuhi semua syarat, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di akaun bank MUAMALAT saya Semasa saya dimaklumkan di telefon saya, saya tidak pernah mempercayainya, nampaknya saya bergegas ke bank untuk memastikan bahawa ia benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di sana akaun, saya menariknya tanpa komplikasi dan melaburkannya dalam perniagaan saya Venture.

    Sekiranya anda mahukan pinjaman hari ini untuk perniagaan dan memulakan hidup, syarikat, dan kontrak besar, sila hubungi SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN PEMBERIAN GLOBAL di e-mel mereka di bawah.
    E-mel ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika anda mahukan maklumat yang tepat dari saya, maka anda boleh menghubungi saya melalui e-mel peribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah PEMANDU Lori biasa, tetapi sekarang saya memiliki Lori dan saya menjadi penyokong besar, saya memberi jaminan kepada anda semua bahawa anda akan mendapat pinjaman anda dari SYARIKAT yang baik ini.

    SYARIKAT: SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN PEMBERIAN GLOBAL
    E-mel: allglobalgrantloan@gmail.com
    Tel ............. +1(304)997-4034
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus
  5. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
  8. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  9. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  10. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  11. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item