Satu Juta Orang Terancam PHK NASIONAL Minggu, 7 Desember 2008 http://www.lampungpost.com/ cetak/berita.php?id= 2008120622532722 ...

Satu Juta Orang Terancam PHK

NASIONAL Minggu, 7 Desember 2008

http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2008120622532722

JAKARTA (MI/Lampost): Satu juta orang terancam kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai imbas krisis ekonomi global. Pada tahap awal, gelombang PHK akan menghampiri industri manufaktur berbasis ekspor dan padat karya, terutama di Pulau Jawa.

"Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) memprediksi terjadi PHK 500 ribu sampai 1 juta orang hingga akhir 2009," ujar Direktur Pengembangan Pasar Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) Reyna Usman Ahmadi saat pembukaan bursa kerja di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali, Sabtu (6-12).

Sebelumnya, data Tim Monitoring Depnakertrans menyebutkan jumlah pekerja yang terancam PHK telah mencapai angka 66.603 orang. Mereka menjadi korban krisis global akibat melambatnya perekonomian dunia.

"Untuk yang rencana PHK dan suratnya sudah masuk jumlahnya 23 ribuan dan untuk yang rencana dirumahkan ada 19 ribuan pekerja," kata Menakertrans Erman Suparno saat raker bersama Komisi IX DPR, pekan lalu.

Dari rencana PHK tersebut, Reyna mencatat hingga pekan pertama bulan ini sudah terjadi PHK sebanyak 16 ribu orang lebih di 11 provinsi, dan diperkirakan membengkak menjadi 40 ribu lebih hingga akhir tahun.

Berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, karyawan yang dirumahkan masih memiliki hak untuk menerima gaji dengan besaran lebih rendah daripada gaji sebelum dirumahkan.

Untuk yang satu bulan dirumahkan, karyawan berhak menerima gaji sebesar 75% dari gaji semula, yang dua bulan 50%, dan seterusnya.

Staf Khusus Menko Perekonomian M. Ikhsan mengatakan jumlah buruh yang terkena PHK itu bisa bertambah lagi dari tenaga kerja Indonesia (TKI) yang masih berada di luar negeri. Pemerintah meyakini beban negara akan bertambah untuk itu.

"Kita mau bikin padat karya, tetapi apakah mereka siap bekerja seperti itu. Dulunya mereka kerja di pabrik-pabrik dengan kerjanya enak pakai motor. Tentu berat bagi mereka menerima kenyataan ini, dan ini yang sedang kita pikirkan," ujarnya.

Saat ini Malaysia menjadi negara penempatan TKI terbanyak. Malaysia mengalami pukulan cukup berat akibat anjloknya rasio ekspor terhadap PDB yang mencapai lebih dari 100%.

"Berarti, apa yang terjadi. Buruh yang kerja di Malaysia kan banyak tukang, ya, kena PHK semua. Jadi, kita bukan menampung PHK di dalam negeri saja, tetapi dari luar negeri juga," kata dia.


Peluang Kerja

Meskipun demikian, pekerja-pekerja yang terkena PHK tersebut masih memiliki peluang besar untuk diberdayakan kembali melalui penyelenggaraan bursa kerja, terutama di sektor perdagangan, perhotelan, dan jasa.

Sebab, faktanya, ujar Reyna, dari penyelenggaraan bursa kerja sepanjang 2008, baik yang diselenggarakan swasta maupun pemerintah, baru sekitar 30% lowongan kerja yang terisi.

"Jadi, bagi yang terkena ataupun yang terancam PHK diminta jeli mengetahui pasar dan lowongan kerja yang saat ini masih banyak dibutuhkan," kata Reyna.

Ia mencontohkan dalam bursa kerja online yang dioperasikan Depnakertrans hingga Juni lalu masih tersedia informasi peluang kerja 754 ribu orang dan 938 ribu lowongan kerja. (n U-3).

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item