Ketua Umum GSBI, Lantik Pimpinan DPD GSBI Papua Barat dan DPC GSBI Kabupaten Manokwari

INFO GSBI-Papua Barat.  Bertempat di Gedung KNPI Provinsi Papua Barat pada Kamis 11 Mei 2017,  Ketua Umum DPP GSBI, Rudi HB Daman meresmikan...

INFO GSBI-Papua Barat.  Bertempat di Gedung KNPI Provinsi Papua Barat pada Kamis 11 Mei 2017,  Ketua Umum DPP GSBI, Rudi HB Daman meresmikan dan melantik pimpinan DPD GSBI Papua Barat dan DPC GSBI Kabupaten Manokwari.

Acara pelantikan dan Dialog Ketenagakerjaan  yang mengambil tema : . “Memotret Kondisi Buruh Papua Barat dan Perannya dalam Pembangunan serta Pentingnya Serikat Buruh Sejati untuk Perlindungan dan Peningkatan Kesejahteraan Buruh dan Keluarganya” di hadiri oleh Kepala Dinas Tenagakerja dan Trasmigrasi Provinsi Papua Barat, Kepala BNPB Provinsi Papua Barat, Utusan Gubernur Provinsi Papua Barat terpilih (Gubernur terpilih tidak bisa hadir karena ada acara pelantikan di Jakarta), Kepala Kantor Wilayah  BPJS Kesehatan Provinsi Papua Barat, Ketua KNPI Provinsi Papua Barat  dan ratusan anggota GSBI serta tamu undangan memenuhi ruangan acara pelantikan.

Acara pelantikan ini di mulai dengan pembacaan Doa oleh Ibu Pendeta, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hai Tanah Ku Papua, setelah itu sambutan dan laporan dari Ketua Panitia Acara yang menyampaikan ucapan selamat datang dan proses persiapan serta hambatan dan keberhasilan-keberhasilan yang di raih panitia sehingga acara ini bisa terlaksanakan termasuk menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini dijalankan.

Setelah itu masuk pada acara inti yaitu, Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji pimpinan DPD GSBI Papua Barat dan DPC GSBI Kabupaten Manokwari yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP GSBI. Setelah acara pelantikan, pengambilan sumpah janji pimpinan, penyerahan berkas dan bendera GSBI serta bendera merah putih acara dilanjutkan dengan sambutan dan orasi Politik dari ketua DPD GSBI Papa Barat terpilih serta pesan solidaritas dan sambuatan-sambutan.

Sambutan pertama di sampaikan oleh Ketua Umum DPP GSBI-Rudi HB Daman, dilanjutkan sambutan dari utusan Gubernur Provinsi Papua Barat, Ketua KNPI Provinsi Papua Barat dan dilanjutkan dengan acara Penandatanganan MOU antara DPD GSBI Papua Barat dengan BPJS Kesehatan.

Dalam pidato  kata sambutannya, Ketua Umum DPP GSBI mengatakan, situasi keadaan umum buruh di Papua Barat tidak jauh berbeda dengan keadaan umum  buruh di belahan wilayah Indonesia lainnya, Upah murah, jaminan sosial yang terbatas dan buruk, sistem kerja kontrak outsourcing dan pemagangan, Kondisi dan syarat-syarat kerja yang buruk dan tidak manusiawi, K3 yang buruk, serikat pekerja yang madul dllnya. Untuk itu keberadaan, kehadiran GSBI di Papua Barat harus menjadi alat dan wadah perjuangan aspirasi sejatinya kaum buruh Papua Barat. GSBI hadir harus memiliki peranan memimpin dalam memajukan pengetahuan serta memberi tauladan dalam praktek, menjadi wadah sejati aspirasinya kaum buruh, bagaimana seharusnya tahapan-tahapan perjuangan dilakukan agar kemenangan-kemenangan kecil dapat terus didapatkan, pemenuhan atas hak-hak normatif buruh, kesejahteraan dan perlindungan dari kesewenang-wenangan dapat di raih dapat diwujudkan dan dirasakan oleh kaum buruh.

Kehadiran GSBI di Papua Barat sudah semestinya menjadi pembeda, menjadi pelopor bagi perjuangan-perjuangan massa dan kaum buruh, untuk memenangkan sedikit demi sedikit tuntutan ekonomi, politik serta kebudayaan yang sudah seharusnya menjadi milik kaum buruh dan massa. Terang Rudi HB Daman.

Sementara Yohanes Akwan, Ketua DPD GSBI yang baru saja dilantik mengatakan, Kami bahagia dan lega karena kami sudah dilantik pada hari ini, tugas kami sekarang pasca pelantikan ini adalah akan menyelenggarakan Rapat Kerja untuk menyusun program kerja sesuai dengan AD ART dan Program perjuangan GSBI sebagaimana hasil Kongres Nasional ke 3 GSBI tahun 2015 lalu.

GSBI Papua Barat hadir untuk menjadi sekolah, rumah belajar bagi kaum buruh dan rakyat, menjadi wadah dan alat perjuangan atas hak dan kepentingan kaum buruh dan rakyat Papua Barat, kami tidak hanya berbicara isu buruh semata, kami juga berjuangan untuk melawan monopoli dan perampasan tanah, melawan korupsi dan segala bentuk kesewenang-wenangan kekuasaan dan pengusaha kepada buruh dan rakyat. GSBI akan melakukan monitoring atau Pengawasan kepada perusahaan-perusahaan dan instansi pemerintah termasuk menjalankan advokasi dan pembelaan serta kampanye dan aksi-aksi massa sebagai metode perjuangan kami.

Untuktu itu saya secara pribadi dan kami di DPD GSBI Papua Barat mengajak seluruh kaum buruh di Papua Barat untuk bergabung bersama kami di GSBI baik itu  buruh pabrik, perkebunan, pertambangan, Sopir, karyawan/honorer dikantor-kantor dan instansi pemerintah, PNS, Guru, Dokter, Bidan, pegawai rumah sakit, Buruh Bongkar Muat di Pelabuhan dan para pegawai di pelabuhan serta seluruh klas pekerja yang ada di Papua Barat, kami terbuka dan mengajak bersatu dan berjuang bersama untuk menjadikan keadaan situasi perburuhan menjadi lebih baik dan sejahtera. Tegas Yohanes Akwan.

Lebih Lanjut Yohanes Akwan mengatakan, Kami berterima kasih kepada Ketua Umum DPP GSBI yang telah mempercayakan Bendera GSBI kepada kami Anak-Anak Papua Barat untuk dikibarkan di Tanah Papua. Kami akan bawa Bendera ini ke Pulau Mansinam dan dari Pulau Mansinam inilah GSBI akan menyebar ke seluruh kota dan kabupaten di Tanah Papua untuk Keadilan Bagi Hak Kaum Buruh dan rakyat seutuhnya di Tanah Papua. (red-2017)#

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item