27 Pebuari 2020, GSBI Aksi Desak Kemnaker RI dan BPJS Kesehatan Pusat

I NFO GSBI-Jakarta. Kamis, 27 Februari 2020 ratusan buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Sejabodetabek dan...


INFO GSBI-Jakarta. Kamis, 27 Februari 2020 ratusan buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Sejabodetabek dan perwakilan GSBI Karawang menggelar aksi, didua tempat yakni Kementrian Ketenagakerjaan RI dan BPJS Kesehatan Pusat.

Di Kementrian Ketenagakerjaan RI selain sebagai bentuk solidaritas terhadap kasus buruh PT. Sulindafin–Kota Tangerang yang tergabung dalam PTP. SBGTS-GSBI dan PUK SBM juga untuk follow-up, tagih janji Kemnaker RI kepada GSBI pada 20 November 2019 yang lalu. 

Dalam aksi 20 November 2020, GSBI menyampaikan sikap dan pandangan GSBI atas rencana pemerintah melakukan revisi UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 dan menyampaikan pengaduan beberapa kasus buruh yang di alami anggota GSBI serta problem Ketenagakerjaan yang dinilai lamban dalam penegakan norma perburuhan. Atas pengaduan dan tuntutan GSBI tersebut pihak Kementerian Ketenagakerjaan RI berjanji akan tindaklanjuti dan lakukan beberapa langkah, salah satunya akan berkoordinasi dengan pengawasan di UPTD masing-masing daerah. Namun hingga 3 (tiga) bulan lebih sudah berlalu, apa di sampaikan GSBI tidak ada perkembangan yang signifikan atas kasus-kasus yang telah disampaikan.

Ini hasil pertemuan dengan pihak Kemnaker RI dan BPJS Kesehatan Pusat

Setelah berorasi bergantian di halaman kantor Kemnaker, perwakilan GSBIpun di terima untuk audensi dengan pihak Kemnaker. Perwakilan GSBI diterima oleh Kepala Seksi Norma Pengupahan, Pengawasan khusus BPJS Kesehatan, SUBID Pengawasan Kemnaker RI.

 Berikut ini rekomendasi hasil pertemuannya :

  1. Untuk kasus di PT. Sulindafin, Kota Tanerang, Terkait upah yang tidak dibayarkan bulan Januari dan Februari 2020, Pengawas Ketenagakerjaan Pusat Kemnaker RI tidak bisa mengeluarkan Penetapan karena itu ranahnya mediator atas upah proses, ranahnya Pengawasan adalah kekurangan upah. Maka Pengawa Ketenagakerjaan Pusat (Kemnaker RI) akan membantu agar dikeluarkan Penetapan kekurangan upah bulan Desember 2019, namun akan dipelajari terlebih dahulu kasusnya. Sementara untuk masalah BPJS Kesehatan pihak Kemnaker RI masih akan diskusikan bagaimana memecahkan agar PT. Sulindafin bersedia membayar iuran BPJS Kesehatan 5%. Atas perkembangan kasus buruh PT. Sulindafin  tergabung dalam GSBI  dan atas hal-hal yang disampai, pihak Kemnaker RI menyatakan akan memberikan pada tanggal 03 Maret 2020.
  2. Untuk kasus GSBI di Karawang  pengawasan akan segera berkoordinasi dengan pengawasan dalam hal ini ibu Catalina yang selama ini juga sudah berkordinasi dengan UPTD di wilayah melalui surat.
  3. Untuk kasus di PT. SAP Cileunggsi- Bogor diminta untuk terus di kawal oleh serikat, serta melakukan komunikasi intensif dengan PPNS karena proses penyidikan waktunya tidak bisa ditentukan. Karena ketika sudah dilakukan BAP artinya sudah mulai berjalan penyidikan dan penyidikan itu sendiri melibatkan Kepolisian setempat. Jika benar perusahaan tidak merespon panggilan PPNS, maka seharusnya PPNS bisa segera berkordinasi ke pihak kepolisian untuk panggil paksa.
  4. Untuk masalah BPJS Kesehatan PT SAP pihak serikat dan buruh diminta untuk buat laporan baru begitu juga dengan upah 2020.
  5. Pihak Pengawasan Ketenagkerjaan Kemnaker RI akan tetap membantu untuk mengawal kasus tersebut.


Setelah setelah audensi di Kemnaker RI, massa aksi bergerak melanjutkan aksinya di kantor BPJS Kesehatan Pusat di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Pukul 16.00 Wib aksi di kantor BPJS Kesehatan baru bisa dilakukan.

Selain berorasi, perwakilan massa aksi diterima audensi dengan pihak BPJS Kesehatan Pusat dan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cikokol Tangerang, yang menghasilkan beberapa hal :

  1. Untuk pelanggaran mengenai iuran BPJS di PT. Sulindafin sudah dalam tahapan pengawasan. Sudah mengirimkan 2 kali surat teguran apabila tidak ada perbaikan akan segera diberi sangsi.
  2. Bulan Maret 2020 ini BPJS akan meminta iuran sebersat 5% ( 4% pengusaha 1% buruh ) ke perusahaan, dimana saat ini perusahaanhanya bersedia bayar 4%.
  3. Masalah kepesertaan yang ditangguhkan apabila perusahaan tidak membayar maka statusnya tetap ditanggukan  sampai perusahaan membayara kewajibannya.
  4. Apabila ada yang sakit diminta untuk koordinasi dengan Pak Tri (BPJS Kesehatan Cikokol) akan dibantu untuk mendapat pelayanan kesehatan . [ky-20]#

x

Posting Komentar

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item