Berbagi Kasih Kepada Buruh Terdampak Covid19: Sekjend GSBI Menyerahkan Bantuan Sembako di Kabupaten Sukabumi

Poto; Sekjend DPP GSBI Sedang menyerahkan bantuan pada buruh Garmen terdampak Covid19 di Kabupaten Sukabumi (22/8/2020) INFO GSBI-Sukabumi (...

Poto; Sekjend DPP GSBI Sedang menyerahkan bantuan pada buruh Garmen terdampak Covid19 di Kabupaten Sukabumi (22/8/2020)

INFO GSBI-Sukabumi (22/8/2020). Mengambil tempat di Monumen Palagan, Bojongkokosan, Kec. Parungkuda, Kab. Sukabumi, Jawa Barat,  pada Sabtu, 22 Agustus 2020 pukul 11.00 wib, dilaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian paket sembako untuk  angggota GSBI di Kab. Sukabumi yang terdampak Covid-19. 

Bantuan paket sembako ini diserahkan langsung oleh Sekjend DPP. GSBI, Emelia Yanti MD.Siahaan bersama dengan Dadeng Nazarudin, selaku Ketua DPC. GSBI Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan kemanusian berupa pembagian paket sembako ini tidak hanya dihadiri oleh puluhan anggota GSBI penerima paket sembako  tapi turut hadir juga beberapa jajaran pimpinan serikat buruh anggota GSBI dan DPC. GSBI di Kabupaten Sukabumi. 

Sebelum dilakukan pembagian sembako, terlebih dahulu dilakukan diskusi santai dengan anggota penerima Bansos dan jajaran pimpinan organisasi GSBI di Kabupaten Sukabumi, yang dipimpinan langsung oleh Sekjend DPP. GSBI. Dimana Emelia Yanti MD.Siahaan terlebih dahulu menjelaskan, bahwa pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar dan luas kepada kaum buruh diberbagai negera, tidak terkecuali Indonesia. Banyak buruh khususnya di industri garmen, tekstil dan sepatu mengalami dampaknya secara langsung, dirumahkan tanpa dibayar upahnya, dipotong upahnya bahkan tidak sedikit yang mengalami PHK baik dengan kompensasi maupun tanpa pembayaran kompensasi. 

Poto; Ketua DPC GSBI Kab Sukabumi sedang menyerahkan bantuan


Di tengah kesulitan ekonomi akibat dampak Covid-19, berbagai organisasi dan jaringan internasional berupaya untuk menggalang berbagai bantuan untuk meringankan beban ekonomi kaum buruh yang terdampak Covid-19. Seperti kegiatan kemanusian berupa bantuan sembako yang hari ini kita laksanakan, berkat kerjasama GSBI dengan Asia Floor Wage (AFW) Alliance, aliansi serikat buruh di sektor garmen di Asia global yang telah diikuti oleh GSBI sejak 2006 lalu,” demikian disampaikan oleh Emelia Yanti MD. Siahaan.

“Bantuan ini sifatnya hanya sementara, hanya membantu meringankan beban ekonomi kawan-kawan anggota dan keluarganya, baik mereka yang telah ter-PHK , diliburkan dengan tidak diupah ataupun dibayar separuhnya, maupun yang masih bekerja tapi dengan pengurangan hak-haknya karena kebijakan perusahaan,” ujar Emelia Yanti MD. Siahaan menambahkan. 

Lebih lanjut, Sekjend  DPP. GSBI juga menyampaikan, bantuan sembako ini adalah bentuk simpati dan solidaritas internasional bagi kaum buruh di industri garmen global yang paling mengalami dampak akibat Covid-19. 

Ketua DPC. GSBI Kabupaten Sukabumi, Dadeng Nazarudin yang turut menyampaikan pesan kepada anggota GSBI penerima paket sembako, “Bantuan paket sembako yang dibagikan memang tidak bisa diberikan kepada seluruh anggota maupun pimpinan organisasi yang terdampak, oleh karenanya kita menyeleksi anggota penerima bansos yang betul-betul membutuhkan seperti mereka  yang memiliki anak-anak kecil ataupun yang tidak lagi memiliki sumber pencarian tambahan,” ujar Dadeng Nazarudin. “selain itu, pemberian bantuan paket sembako ini dapat dijadikan penyemangat untuk kawan-kawan anggota dan pimpinan yang terdampak, bahwa kita tidak sendiri yang mengalami dampak, dan ada yang masih peduli dengan keadaan kita hari ini,” Ujar Dadeng menambahkan. 

Bantuan paket sembako secara simbolik diberikan oleh Sekjend DPP. GSBI kepada 2 anggota perempuan GSBI dari PT. L&B Indonesia,  menyusul kemudian Ketua DPC. GSBI Kabupaten Sukabumi memberikan secara simbolik kepada 2 anggota dari PT. Gunung Salak Sukabumi. Untuk selanjutnya, pembagian sembako diberikan oleh Panitia yang dibentuk oleh DPC. GSBI Kabupaten Sukabumi, sesuai dengan nama-nama anggota penerima bansos yang telah didata sebelumnya oleh DPC. GSBI Kabupaten Sukabumi. 

Para anggota yang hadir nampak senang dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan GSBI baik di nasional maupun DPC di Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan bantuan berupa paket sembako. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh jajaran pimpinan DPC. GSBI dan anggota GSBI kabupaten Sukabumi bersama Sekjend DPP. GSBI. (EYM-red)#.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item