DPP KNPI Dukung Gerakan Aksi 1 Juta Buruh 10 Agustus 2022

INFO GSBI - Jakarta.  DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendukung gerakan aksi 1 juta buruh yang akan digelar pada 10 Agustus 202...



INFO GSBI - Jakarta.  DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendukung gerakan aksi 1 juta buruh yang akan digelar pada 10 Agustus 2022 mendatang terkait isu kesejahteraan buruh.

Korfinator bidang Perekonomian DPP KNPI Rasminto menyatakan isu kesejahteraan buruh merupakan isu kerakyatan yang harus terus disuarakan lantang dan harus direspon oleh kaum muda.

"Isu kesejahteraan buruh yang disuarakan itu harus kita dukung," kata Rasminto, berdasarkan keterangan tertulis, Minggu (7/8/2022).

Rasminto mengatakan pemuda sebagai kekuatan moral, seharusnya lantang bersuara mendukung gerakan buruh. Pasalnya buruh pilar utama bagi perekonomian dan pembangunan nasional.

"Tujuan pembangunan nasional sendiri itu untuk mensejahterakan rakyat, terutama kaum buruh," kata Rasminto.

Menurut Rasminto dengan terbitnya UU Cipta Kerja, kaum buruh menjadi kelompok yang paling rentan terhadap nasibnya. Padahal buruh adalah tulang punggung perekonomian nasional.

UU Cipta Kerja dinilai kebablasan tidak mengatur batasan kriteria pekerjaan secara alih daya atau outsourcing. Sebelumnya outsourcing baru bisa jika pekerjaan terlepas dari kegiatan utama atau kegiatan produksi.

"Sementara itu, UU Cipta Kerja tidak memberikan batasan demikian. Akibatnya, praktik outsourcing diprediksi makin meluas," kata Rasminto.

Sorotan lain batasan maksimal jam lembur dari tiga jam dalam sehari dan 14 jam dalam sepekan, menjadi empat jam dalam sehari dan 18 jam dalam seminggu yang berakibat kesehatan dan besaran upah yang diterima buruh.

"Mengingat, upah minimum yang menjadi dasar penghitungan upah lembur didasarkan pada mekanisme pasar berdasarkan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan," ujar Rasminto.

Rasminto juga menyampaikan instruksi Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama tentang seruan seluruh DPD KNPI daerah di Indonesia untuk mendukung gerakan 1 juta massa pada aksi 10 Agustus 2022 mendatang.

"Kepada seluruh DPD KNPI daerah agar bergerak mendukung gerakan aksi 1 juta buruh, kita siapkan berbagai elemen terkait aksi tersebut termasuk siapkan tim advokasi KNPI untuk para buruh," ujar Rasminto.

Sumber: Warta Kota

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan jangan meninggalkan komentar spam.

emo-but-icon

Terbaru

Populer

Arsip Blog

item